Journey · Lifestyle · Vacation

Travelling Senang, Ibadah Lancar bersama Halal Traveler by Cheria Holiday

TRAVELLING = LUAR NEGERI???

TRAVELLING is not something you’re good at. It’s something you do. LIKE BREATHING.  –gayle foreman-

Yup! Travelling itu bukanlah sesuatu yang harus kita kuasai. Tapi adalah sesuatu yang kita lakukan, seperti bernafas. Jadi, siapapun bisa travelling kemanapun dan kapanpun kita mau.

view of the clouds and airplane wing from the aircraft window
Photo by Mudassir Ali on Pexels.com

Dulu, istilah “Travelling” agaknya lebih universal dan nggak melulu keluar negeri. Tapi sekarang, bisa jadi ketika mendengar kata “Travelling” kebanyakan orang pasti mikirnya “jalan-jalan ke luar negeri”. Iya apa iyaaa???

Aku sih yes!!

Nggak bisa dipungkiri di era digital seperti sekarang ini, istilah menggunakan bahasa Inggris memang agaknya terlihat lebih keren dan menjurus kearah internasional. Belum lagi peranan para influencer yang sering mengunggah konten dan foto “Travelling” menarik di luar negeri. Jadinya klop deh istilah “Travelling” dengan “luar negeri”

EH, tapi ngomong-ngomong soal travelling nih ya…. Kalian pengennya kemana sih??

Kayaknya sih mayoristas jawabannya bakal gini nihh..

Kalau ke Indonesia pengennya ke Bali, Lombok, atau Raja Ampat.

Kalau ke Luar negeri pastinya Korea, Jepang, Singapore, atau Thailand.

Kanapa?? Karena destinasi-destinasi itulah yang sekarang lagi naik daun di kalangan masyarakat Indonesia.

Nah, biasanya kalau travelling gitu, suatu hal yang harus diperhatikan oleh saya dan teman-teman muslim lainnya tentunya selain destinasi wisata adalah waktu sholat, masjid, kiblat dan makanan halal. Yup! Karena sholat dan makanan halal merupakan kewajiban bagi orang muslim meskipun sedang travelling. Ya, meskipun sholat bisa dijamak saat kita melakukan perjalanan, alangkah lebih baik apabila dilaksanakan sesuai waktunya bila hal tersebut memungkingkan. Pun, juga dengan makanan halal.

person using magnifying glass on a map
Photo by fotografierende on Pexels.com

TRAVELLING DI INDONESIA

Sebenarnya untuk travelling di Indonesia, saya cukup sering, tapi untuk jaman sekarang mungkin istilah travelling yang dulu saya gunakan lebih tepat disebut “jalan-jalan” karena travellingnya sebatas di dekat tempat tinggal saya seperti di Surabaya, Malang, Yogyakarta dan paling jauh Bali. Paling lama mungkin dua atau tiga hari saja. Tapi disitu letak “enaknya” travelling di tempat yang dekat. Kenapa? Karena areanya lebih mudah dijangkau, lebih mudah mencari masjid untuk sholat dan makanan halal banyak dijual. Tapi kadang kalau menginap di hotel, tidak tersedia informasi mengenai arah kiblat yang mengharuskan kita menggunakan kompas, tapi kan nggak semua bisa baca kompas yaa. Akhirnya tanya ke staff hotel deh… Untungnya di Indonesia yang mayoritas beragama Islam ini kita bisa dengan mudah mengetahui arah kiblat dengan hanya sekedar bertanya ke orang lokal.

high angle photo of seashore near rock formation
Photo by Timur Kozmenko on Pexels.com

TRAVELLING DI LUAR NEGERI, PADAHAL SEBENERNYA KULIAH

Kalau untuk travelling ke luar negeri, jujur saya baru dua kali yaitu ke Jepang dan ke Thailand. Dan yang ke Jepang juga itu sebenernya buat kuliah –exchange program- siiih hahaha. Tapi kan nggak empat bulan full kuliah doang kan ya. Di akhir pekan dan libur tengah semester saya juga menyempatkan waktu untuk travelling di sekitar Tokyo. Kadang sendiri, kadang bersama teman.

DSCF0853

HIJABERS KULIAH DI TOKYO, SHOLAT DAN MAKAN GIMANA??

TIDAK TAHU ARAH KIBLAT

Sebelum ke Jepang saya sudah persiapkan banyak hal terutama tentang waktu sholat. Kata Ibu saya, kalau tidak sempat sholat karena tidak ada tempat untuk sholat ya di jama’ saja tidak apa-apa. Ketika sampai di asrama, Tokyo, semua berjalan baik sampai tiba waktu sholat. Oh no…. pada saat itu saya tidak tahu kemana arah kiblat meskipun sudah membuka kompas. Ya.. saya buta akan kompas. Alhasil selama empat bulan sholat di kamar asramasaya hanya niat ingin beribadah dengan arah yang saya yakini itu adalah kiblat. Bismillah..

*Pada saat itu saya berharap ada aplikasi yang bisa membantu permasalahan sholat di luar negeri yang user friendly*

person walking on wooden pathway beside different padlocks hanging on gray stainless steel chain link fence
Photo by SHAHBAZ AKRAM on Pexels.com

PERNAH SHOLAT SEMBUNYI-SEMBUNYI DI PERPUSTAKAAN

Karena kampus saya berbasis Katholik, tentunya tidak terdapat musholla di dalamnya. Pada saat awal kuliah, saya bingung mau sholat dimana dan akhirnya memutuskan untuk sholat secara sembunyi-sembunyi di sela-sela rak buku perpustakaan. Mau gimana lagi,  dulu tidak ada yang memeberitahu dan, itu satu-satunya pilihan terbaik. Untungnya, saya mendapat info bahwa ternyata ada sebuh “pray room” yang bisa digunakan untuk sholat. Alhamdulillah..

row of books in shelf
Photo by Pixabay on Pexels.com

EIIITS, TAPI kalau lagi hangout sama temen-temen dan kalau nggak nemu tempat sholat, pernah sholat di fitting room di mall loh. Untungnya fitting roomnya bersih dan karpet.

PERNAH MAKAN YANG TIDAK HALAL SECARA TIDAK SENGAJA

Sedangkan untuk makanannya, karena saya belum bisa membaca kanji, saya pun selalu memilih makanan yang “aman” seperti sayur dan ikan. Pun, saat pertamakali sampai di Tokyo saya tanya ke petugas kasir

“Sumimasen, kore wa nan desuka? Buta niku desuka?”

Yang artinya, “Permisi. Ini apa ya? Apakah ini ada babinya?”

Yahhh.. dulu pengetahuan saya tentang makanan yang “tidak halal” hanya sebatas babi, alkohol, dan makanan yang tidak disembelih secara islam. Padahal masih banyak kategori makanan yang bisa jadi tidak masuk ke dalam kategori halal. Tak jarang saya sering luput juga memakan daging sapi atau ayam karena berpikir “yang penting bukan babi”, padahal kan belum tentu halal. Huhuhuuu.. belum lagi saya yang sering banget ke konbini dan supermarket dan suka membeli jajanan yang sebenarnya nggak tahu itu terbuat dari apa. Pernah pada saat itu saya “ketagihan” beli jajanan dan omurice di supermarket beberapa kali, sampai akhirnya saya sudah bisa baca kanji babi –buta– dan saya menyadari bahwa yang biasanya saya makan mengandung babi. Huaaaahhh langsung nangis dan sholat taubat. Belum lagi ketika saya diberitahu teman saya bahwa sebenernya makanan-makanan di konbini itu  belum tetu halal, meskipun terlihat halal. Maksudnya???

barbecue and baked tahing
Photo by sl wong on Pexels.com

Jadi makanan “normal” seperti roti, coklat dan snack itu belum tentu halal karena mengandung gelatin, shortening dan bahan-bahan turunan babi atau alkohol. Jleb!!!! Padahal dulu saya kira makanan di konbini adalah makanan paling “aman” dibanding makanan di restoran, karena sulit mencari restoran halal di Jepang pada tahun 2014. Ujung-ujungya saya kembali masak sendiri untuk memastikan segala yang saya makan itu halal.

stew with meat and vegetables placed in white ceramic bowl
Photo by Cook Eat on Pexels.com

SOLUSI TRAVELLING HALAL DAN MUSIM FRIENDLY KE LUAR NEGERI?

Well, setelah punya pengalaman tinggal sekaligus solo travelling sendiri di Jepang, saya sempat mikir dua kali untuk pergi ke luar negeri. Mikir tentang sholat, arah kiblat dan makanan halal tentunya.

Naaah! Untungnya pas lagi scrolling instagram, saya menemukan akun @cheriaholiday.

IMG_20191012_145530_387
Instagram @cheriaholiday

By the way nih yaa.. Cheria Holiday itu adalah perusahaan Tour & Travel yang khusus menyediakan jasa travel halal dan merupakan pelopor wisata halal dunia. Jadi, bakal oke banget nih buat temen-temen muslim yang mau travelling ke luar negeri. Karena tournya akan berbasis halal, semua makanan sudah terjamin kehalalalannya. Selain itu bisa dipastikan bahwa tidak akan mengganggu waktu sholat tentunya. Selain itu, Cheria Holiday juga punya aplikasi Halal Traveler yang tentunya sangat amat membantu para muslim traveler dalam perjalanannya! Langsung deh saat itu juga download aplikasinya dan nyobain lagsung.

IMG_20191012_145518_218
Aplikasi Halal Traveler by Cheria Holiday

Daaaan, saat itu juga langsung takjub bukan main dong. Kenapa? Karena ternyata dalam satu aplikasi ini, banyak banget manfaat yang bisa kita dapat. Apa aja sih isinya?? Nih… aku kasih tau berbagai fiturnya yaaa…

preview(1)

  1. JADWAL SHOLAT : Fitur ini berisikan jadwal sholat beserta pengingatnya. Jadi untuk teman-teman yang suka travelling ke luar negeri nggak perlu takut ketinggalan waktu sholat karena dengan fitur ini, kita bisa tau kapan waktu sholat sesuai dengan lokasi dimana kita berada.
  2. KIBLAT : Jika sudah tiba waktu shoat, namun teman-teman ragu kemana arah kiblatnya, langsung aja buka fitur kiblat. Karena dengan fitur ini kita akan langsung bisa mengetahui arah kiblatnya hanya dengan meletakkan smartphone ke lantai, dan panah petunjuk merah akan langsung mengarahkan ke kiblat.
  3. MASJID : Fitur ini akan memberikan kita informasi mengenai lokasi masjid terdekat yang berada di sekitar kita. Selain itu kita juga bisa melihat melalui peta yang disediakan. Mau di dalam negeri maupun di luar negeri, mencari masjid jadi lebih mudah.
  4. MENU DOA : Jika kita lupa bacaan doa saat travelling, fitur ini akan sangat membantu. Di dalamnya terdapat kumpulan doa yang bisa kita gunakan kapanpun dan dimanapun. Doa-doa di dalamnya antara lain adalah doa berpergian, doa naik kendaraan, doa pelebur dosa majelis, dan lain-lain.
  5. FITUR TAMBAHAN : Restoran, ATM, Toko, Bensin dan Rental
    • Pada fitur tambahan ini, berisikan informasi tentang lokasi restoran, ATM, Toko, Pom bensin dan tempat rental terdekat dari lokasi kita. Jadi, apabila kita sedang mencari keberadaan kelima tempat tersebut, akan sangat terbantu oleh fitur ini. Karena di fitur ini sudah tertera alamat dan titik lokasi pada peta yang memudahkan kita untuk menemukan lokasinya.
  6. DESTINASI WISATA : Fitur ini berisikan informasi tentang tur yang bisa kita lakukan di berbagai destinasi wisata sesuai keinginan kita. Akan ada rincian tur, rencana perjalanan, harga, tanggal keberangkatan dan juga bisa langsung pesan melalui fitur ini yang akan disalurkan via whatsapp.
  7. ATRAKSI LOKAL : Jika ingin langsung melihat dan mengetahui apa saja atraksi yang ada di sekitar kita, bisa langsung menggunakan fitur ini. Fitur ini akan memberikan rekomendasi atraksi menarik yang bisa kita kunjungi saat itu juga. Sangat mudah digunaan dan tentunya membantu sekali.
  8. LIST KBRI : Fitur ini akan sangat membantu untuk teman-teman yang travelling ke luar negeri. Karena bisa jadi ada suatu urusan yang mengharuskan ke KBRI, dan fitur ini menyediakan kontak mulai dari alamat, nomor telepon dan email.
  9. LIST TELEPON DARURAT : Fitur ini mungkin akan jarang digunakan, tapi ketika berada di negeri orang, bisa sangat membantu jika kita terjebak dalam keadaan darurat. Jadi pastikan kalian sudah download aplikasi Halal Traveler agar perjalanan kita selalu aman dan tentunya Halal.

Uulalaaaa… ternyata banyak banget fitur dari Aplikasi Halal Traveler ini. Setelah saya cek satu-satu dan merasa bahwa Aplikasi Halal Traveler ini akan sangat membantu jika Traveling ke luar negeri, saya pun memutuskan untuk travelling ke Thailand.

THAILAND BERSAMA APLIKASI HALAL TRAVELER

Pertamakali menggunakan Halal Traveler di Thailand adalah ketika akan sholat di hotel. Saya memastikan bahwa sudah waktunya untuk sholat dan langsung meluncur ke fitur kiblat yang sangat membantu saya dalam menentukan arah sholat. Nggak ada lagi sekarang cerita “buta arah kiblat dan  tak tahu waktu sholat.” Adapun ketika sedang di luar, saya juga menggunakan fitur restoran untuk menemukan lokasi restoran halal terdekat dari lokasi. Tak sulit menemukannya karena sudah tertulis informasi restoran lengkap mulai dari alamat hingga titik di peta.

f6739c7a-19a7-41e3-ad84-03702ece9c15

INDONESIA BERSAMA APLIKASI HALAL TRAVELER

Siapa bilang aplikasi Halal Traveler ini hanya berguna di luar negeri?? Tidak seperti ituuu, Fergusso.. Justru di dalam negeri, aplikasi ini juga sangat berguna lho. Biasanya kalau kita sedang mengunjungi tempat baru pasti perlu aplikasi Halal Traveler juga untuk mencari masjid terdekat, restoran halal terdekat dan ATM terdekat, dan lainnya. Bahkan, meskipun saat sedang di rumah saja, aplikasi Halal Traveler juga membantu mengingatkan waktu sholat, lho. Jadi, menurutku alikasi Halal Traveler ini fungsinya tidak terbataskan oleh tempat maupun waktu. Kita bisa banget menggunakannya di luar negeri maupun di dalam negeri.

ancient architecture asia buildings

Photo by Pixabay on Pexels.com

KEMANAPUN BERSAMA APLIKASI HALAL TRAVELER

Saya sendiri sudah merasakan banyak manfaat dari aplikasi Halal Traveler, baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Dengan adanya aplikasi Halal Traveler ini saya sudah tidak khawatir tentang ibadah dan makanan halal. Maka dari itu saya ingin teman-teman juga merasakan manfaatnya juga. Dibawah ini saya beri link yang akan mengantarkan teman-teman langsung ke playstore untuk mendownload aplikasi Halal Traveler yang sangat berfaedah ini.

Klik DISINI untuk download GRATIS Aplikasi Halal Traveler

Klik DISINI JUGA untuk subscribe Youtube channel Cheria Holiday

Klik DISINI JUGA YA untuk follow Instagram Cheria Holiday

dan Klik DISINI DONG untuk like Facebook Cheria Holiday

Kalau ditanya, “mau travelling kemana lagi nih bareng Halal Traveler?”

Saya akan jawab, “ke PULAU JEJU!!!” tempat yang sangat indah dan juga menjadi lokasi shooting drama korea yang hitz tentunya.

source : https://media-cdn.tripadvisor.com/media/attractions-splice-spp-540×360/06/6e/d3/ec.jpg

Tapiiii… sebelum pergi ke PULAU JEJU, yuk, nonton dulu perjalananku yang sangat menyenangkan bersama sahabatku, HALAL TRAVELER ini.

Gimana?? Asyik dan Seru kan??

Kalau gitu, mulai dari sekarang Yuk Download Aplikasi Halal Traveler dan jadikan dia sahabat yang menemani setiap perjalananmu 🙂

I LOVE HALAL TRAVEL.

#WisataHalal #HalalTrip #WisataMuslim #TravelHalal #TravelMuslim

Leave a comment